Berita Terkini

SAMBUTAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA PADA UPACARA PERINGATAN HARI BELA NEGARA TAHUN 2014

Berita Terkini | 2014-12-18 16:07:38 | 22 Kali Dibaca

 

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Om Swastyastu

Nam Buddhaya

Salam sejahtera bagi kita sekalian,

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Konstitusi mengamanatkan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Amanat konstitusi ini tentu saja tidak lahir dalam ruang kosong, namun berakar dari sejarah perjuangan bangsa.

Baca Selengkapnya...

Siaran Pers Terkini

Kemhan Canangkan Gerakan Nasional Bela Negara

Siaran Pers | 2014-12-09 14:46:53 | 212 Kali Dibaca

Jakarta - DMC, Pemerintah RI telah mengeluarkan Keputusan Presiden RI Nomor 28 Tahun 2006 tentang Hari Bela Negara, sebagai hari nasional yang wajib diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. Peringatan Hari Bela Negara yang diperingati setiap tanggal 19 Desember adalah dalam rangka mengenang berdirinya Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1958 di Sumatera Barat.

PDRI diprakarsai oleh Mr. Sjarifuddin Prawiranegara bersama sejumlah tokoh saat itu sebagai salah satu upaya mempertahankan eksistensi dan kelangsungan hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang nyaris berakhir akibat agresi Belanda kedua. Pada saat itu, Belanda telah menguasai ibukota negara di Yogyakarta yang disertai dengan penangkapan terhadap Presiden RI, Wakil Presiden RI dan sejumlah Menteri.
Baca Selengkapnya...